Rabu, 09 November 2016

Tips Bagi Pemula Dalam Dunia Fitness

 

Banyak orang memimpikan untuk menjalani hidup lebih sehat dan memiliki bentuk tubuh yang atletis dengan mengikuti gaya hidup fitness mania, tetapi tidak tahu bagaimana cara memulai dan apa yang harus dipersiapkan. Tenang saja, kami dari mustfitgym.blogspot.com akan membantu kalian semua cowok atau cewek agar tidak kebingungan. Tanpa basa-basi ini beberapa tips dari kami pada kalian semua :


1. Pelajari Gerakan Dasar
    Saat kita baru memulai tidak usah pusing-pusing memikirkan gerakan yang keren, cukup pelajari 4-5 gerakan dasar saja dulu seperti barbell benchpress, cable pulldown/pull up, squat, deadlift, dan shoulder press. Ini adalah beberapa gerakan dasar yang wajib untuk dipelajari dan hindari dulu penggunaan mesin. Tidak masalah kalau hanya melakukan gerakan itu dalam 1 hari untuk mempelajari gerakannya yang tepat dan posisi yang benar lebih dulu. Kalau sudah bisa melakukan gerakan dasar dengan benar barulah mulai belajar gerakan yang lainnya. Anda hanya akan pusing sendiri kalau belajar terlalu banyak gerakan dalam 1 waktu.

2. Mulailah Dari Beban Yang Ringan Dulu
      Mungkin ada kebanggaan tersendiri kalau mampu mengangkat beban yang berat, tetapi memulai hari pertama di gym dengan beban yang berat hanya akan berakhir menjadi mimpi buruk bagi anda. Dengan beban yang ringan anda akan lebih fokus untuk melakukan latihan dengan gerakan yang benar. Gerakan yang benar jauh lebih penting dan efektif daripada beban angkatan.

3. Tentukan Program
     Tidak perlu atau malah tidak dianjurkan untuk melatih tubuh terlalu sering saat baru memulai. Mulailah dengan santai dan tenang, tidak usah terburu-buru karena tubuh bugar dan atletis tidak dibangun dalam waktu 1 malam. Malahan kalau latihan keseringan nantinya kita malah kecapean dan akhirnya kapok alias berhenti, worse case ? cedera. Program umum yang diaplikasikan untuk pemula adalah latihan 3-4 kali seminggu, 3 set x 12 repetisi di tiap gerakan dan jeda 30-60 detik di sela set untuk mengatur napas dan mengurangi tensi agar gerakan lebih maksimal

4. Hindari Diet Ketat
     Mulai dari merubah menu makan saja dulu, untuk pemula cukup hindari makanan berlemak seperti gorengan, kulit dan jeroan. Pelajari berapa banyak makanan yang perlu kita makan dalam sehari untuk menjaga berat badan lebih dulu saat kita mulai rutin fitness baru bisa kita tentukan goal/tujuan kita. Kalau sudah tau misalnya "saya makan segini berat badan ga naik ga turun dan badan ga lemas" itu artinya jumlah kalori yang kita makan sesuai kebutuhan sehari-hari. Kalau mau menurunkan BB ya tinggal di kurangi sedikit saja dan jangan kebanyakan agar badan kita ga lemas dan kelelahan, Nanti ujung-ujungnya kapok lagiii berhenti lagiii kan rugi sendiri toh ? Makanlah secukupnya dengan nutrisi lengkap, karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin. Ingat ! Dalam dunia fitness kita makan, kita tidak kelaparan. Ini butuh trial and error jadi anda harus tetap tenang dan terus belajar.

5.Cari Partner
    Memiliki partner sangat penting bagi pemula, apalagi kalau partnernya yang udah pernah fitness dan paham dengan gerakan dasar latihan. Carilah partner yang bisa memotivasi dan menyenangkan dan siap dengan tantangan. Belajar ngegym akan jadi lebih asik kalau ada partner yang bisa membimbing dan menyemangati kita.

6. Tidur Cukup
     Istirahatkan badan setelah latihan agar badan kita cepat pulih dan tidak kelelahan. Tidurlah yang cukup, waktu tidur yang optimal adalah 6-8 jam.

7. Minum Air Yang Cukup
     Setelah membuang banyak cairan saat latihan minum air yang cukup yaa, jangan sampai dehidrasi. Saat sedang latihan juga harus minum kalau udah mulai terasa haus tapi jangan banyak-banyak sekali tenggak, cukup seteguk atau 2 teguk. Kalau minumnya kebanyakan nanti perut malah kembung dan jadinya sakit perut.

8. Atur Napas
     Saat latihan kita harus bisa mengatur napas agar tidak pusing, mual, atau bahkan hernia karena mengangkat beban yang berat. Tarik napas yang dalam saat akan memulai gerakan lalu hembuskan saat mengangkat atau menarik beban dan tarik napas saat menurunkan atau melepaskan beban.

9. Temukan Motivasi
     Motivasi adalah salah satu kunci sukses dalam hidup sehat. Motivasi bisa datang dari mana saja dan apa saja, entah itu karena pengin punya badan keren kayak C. Ronaldo atau Agnes Monica atau bisa juga karena trauma melihat penyakit orang sekitar. Temukan motivasi kamu dan terus ingat dan tanamkan agar kita ga kehilangan semangat.

10. Tanya Pada Ahlinya
     Ini selalu kami sampaikan karena di setiap gym pasti ada orang yang bersedia memandu anda, jadi jangan ragu untuk bertanya yaa. Malu bertanya sesat di jalan.

Itu adalah beberapa tips dari kami, semoga bisa membantu teman-teman yang pengin atau baru mulai gaya hidup fitness. Good Luck !

Salam sehat untuk kita semua http://mustfitgym.blogspot.com/

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Join Di Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya