Kamis, 27 Oktober 2016

Then Jhony Fitness Expert Sintang

     Pada hari rabu lalu Team Tantheo Gym mendapat kesempatan untuk berbincang-bincang dengan salah satu fitness expert  asal kota Sintang. Then Jhony namanya, seorang kelahiran Sintang 27 tahun silam ini sangat humble dalam bercerita tentang perjalanannya dalam dunia fitness. Jhony sapaannya, sehari-hari berlatih di Sakura Gym yang bertempat di dekat Lapter ( Lapangan Terbang ) Susilo, selain berlatih Jhony juga biasa bersedia melatih para pemula yang baru mulai mengenal dan mencoba latihan di Sakura Gym.

Begini perbincangan admin dan Then Jhony : 


A = Admin      Tj = Then Jhony

A ; sudah sejak kapan mulai fitness ?
Tj ; sudah sejak 2006

 A ; Alasannya gabung dunia fitness ?
Tj ; saya senang melakukan hampir setiap kegiatan olahraga, jadi waktu mencoba ternyata cocok dan jadi hobi tetap sampai sekarang dan sudah menjadi gaya hidup saya.

A ; Berarti banyak olahraga yang bro ikutin juga nih ?
Tj ; Banyak sebenarnya, tapi yang paling saya suka ya basket, tarung derajat terutama fitness

A ; Pernah ikut body contest ?
Tj ;  Saya mengikuti body contest tahun 2009 binaraga di Hotel Palapa Singkawang, kemudian pada tahun 2015 dua kali event Ultimate Body Contest dan Scitech Nutrition Body Contest di Pontianak.
Then Jhony saat mengikuti Scitech Nutrition Body Contest di Pontianak

 A  ; Belajar teknik latihan dari mana ?
Tj ; Saya belajar otodidak, tapi yang jelas sumbernya dari internet dan dari teman-teman yang lebih pengalaman

A ; Bagaimana menjaga pola makan ?
Tj ; Pola makan saya biasa-biasa saja ya, saya banyak makan daging untuk mencukupi asupan protein saya, ga susah amat sih, soalnya saya juga emang doyan makan daging, haha...
 Kecuali saat menjelang kontes saya baru benar-benar diet ketat agar otot terlihat lebih tajam yaiutu dengan makanan bebas lemak, jadi semua makanan saya di kukus dan tanpa garam, baca ; (Garam dan efeknya pada tubuh) daging harus yang tanpa lemak dan kulit. Kemudian saya juga minum kopi pahit 2 gelas sehari. Saya juga ga minum supplemen apa-apa jadi saya benar-benar natural, menurut saya itu lebih baik karena saya sudah merasakan kalau yang ga pakai suplemen ototnya lebih awet ga gampang kempes waktu lagi off, soalnya saya sendiri pernah off tahun 2010 awal sampai 2011 akhir, ya hampir 2 tahun, tetapi teman-teman yang minum suplemen off 7-8 bulan ototnya udah kempes.

A ; Berapa banyak latihan anda selama 1 minggu ?
Tj ; Saya latihan seminggu 4 sampai 5 kali, dan hari minggu biasanya saya khusus kardio di Stadion Baning

A ; Apa pendapat anda tentang steroid dan penyalah gunaan nya  ?
Tj ; Steroid tidak seharusnya digunakan karena lebih banyak efek buruk yang dihasilkan dari pada manfaatnya, fitness haruslah tentang sehat dan bugar, bentuk tubuh yang keren itu adalah bonus dari kerja keras kita demi hidup yang lebih baik. Hanya mereka yang berpikiran dangkal saja yang memilih menggunakan obat-obatan sebagai jalan pintas.

A ; Apa saran anda bagi para pemula ?
Tj ; Untuk pemula yang ingin memulai fitness sebaiknya pelajari dulu teknik dasar saja, jadi tidak usah banyak variasi biar ga bingung. Teknik dasar fitness ya Barbell Benchpress, Cable Pull Down dll.

A ; Apa harapan anda dalam dunia fitness khusunya kota Sintang ?
Tj; Saya harap ada binaraga lokal yang mampu bertarung minimal di kancah lokal, dan kita di Sintang belum pernah ada even-even yang mengadakan Body Contest, padahal binaraga dimulai dari body contest dulu. Untuk itu saya juga berharap pemerintah bisa lebih peduli pada jenis olahraga ini karena fitness sudah mulai banyak peminat dan paling tidak apabila ada even dan pembinaan atlit kita pasti sanggup bicara lebih banyak di even nasional.

     Ada hal menarik saat admin berbincang-bincang dengan Then Jhony, yaitu soal bagaimana dia biasanya latihan dan ada pemula yang kelihatan kurang paham dengan gerakan dan teknik latihan yang tepat.

     "Saya biasa mulai latihan jam 6an, biasanya jam segitu jam sibuk di Sakura Gym. Jadi saat saya latihan banyak pemula yang saya lihat belum tahu teknik dan gerakan yang tepat, bahkan ada yang kebingungan. Cuma karena saya sedang sangat fokus berlatih maka saya harus menunggu latihan saya selesai baru saya akan menghampiri mereka. Saya terus terang kalau sudah latihan saya punya program yang wajib saya ikuti, tiap jeda set saya hanya punya waktu 30 detik rest dan kalau lebih dari itu maka badan saya jadi dingin dan saya ga mau itu terjadi, artinya program latihan saya akan gagal".
Then Jhony bersama teman-teman di Sakura Gym

    Kami dari Team Tantheo sudah pernah me-mention pada artikel sebelumnya di 5 kesalahan umum Bagi Pemula Dalam Dunia Fitness. Pada poin pertama sudah kami jelaskan bahwa malu bertanya juga salah satu kesalahan bagi banyak pemula, ini terjadi pada hampir semua gym. 

     "Jadi kalau bagi banyak beginner di Sakura Gym apabila saya terlihat tidak peduli harap maklum, bukannya saya ga peduli atau cuek tapi karena saya sedang fokus latihan aja, tapi setelah itu pasti saya samperin kok, kalau mau tanya juga bebas, saya ramah kok, tapi tunggu saya selesai latihan ya, sekali lagi  harap maklum hahahahaaa...." Imbuh Then Jhony

     Then Jhony adalah fitness expert dan sudah bisa dikatakan atlit fitness seperti teman-teman lainnya dari Team Tantheo Gym baca ; Mareas Akma, Sumardianus, Tanto Wijaya. 

      Kerja keras dan dedikasi lah yang berhasil membuat mereka sukses dalam dunia fitness. Bagi kalian yang ingin memulai lupakanlah pikiran dan kata "ingin", mulailah sekarang juga, tidak ada gunanya anda terus berangan-angan tanpa memulai. Kami dari Team Tantheo siap membantu anda demi kehidupan dan negara yang lebih sehat.
"Fitness haruslah tentang sehat dan bugar, tubuh bagus dan ideal itu adalah bonus dari kerja keras kita" Then Jhony


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Join Di Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya