Minggu, 16 Oktober 2016

5 Kesalahan Umum Bagi Pemula Dalam Dunia Fitness



    Banyak kesalahan dan pandangan yang kurang tepat bagi banyak orang tentang dunia fitness. Kesalahan dan pandangan yang kurang tepat dapat mengganggu hasil kerja keras bahkan dapat berujung pada gagalnya tujuan yang ingin kita capai setelah capek berolahraga dan diet. Gagalnya tujuan atau hasil yang maksimal membuat kita menjadi kecewa dan motvasi hilang dan akhirnya kita berhenti berusaha. Berikut hal-hal yang perlu diketahui dan dan harus dihindari :


1. Malu Bertanya
     Yupz, inilah kesalahan paling utama bagi semua pemula. Mungkin di dalam gym semua yang sedang latihan berwajah serius dan hampir tidak pernah melempar senyuman, jadi banyak yang berpikir "orang-orang ini sama sekali tidak bersahabat". Satu hal yang perlu anda ketahui adalah, kebanyakan dari mereka sedang ngos-ngossan mengatur nafas dan ditambah capek, jadi mereka tampat sangat serius. Padahal mereka kebanyakan adalah orang-orang saya yakin orang yang sangat ramah. Cobalah untuk bertanya apa saja tentang diet dan fitness asalkan anda jangan bertanya pada saat mereka lagi mengangkat beban. Ingat ! tanpa panduan dan pengetahuan anda akan tersesat.

2. Latihan Perut Untuk Mengecilkan Perut
    Melatih otot perut tidak akan mengecilkan perut anda dan malah cenderung membuat perut anda tambah buncit karena otot perut menebal tetapi lemak anda tidak berkurang. Perlu anda ketahui, tidak ada istilah latihan untuk mengecilkan perut, menghilangkan gelambir di tangan dan merampingkan pinggang. Kalau anda pernah mendengar atau membaca tentang hal ini di mana saja maka itu tidak lebih dari cerita dongeng. Lemak tidak bekerja seperti yang kita bayangkan, yang perlu anda lakukan cukup diet sehat dan olahraga yang keras maka berat badan anda akan turun sendirinya. Mana yang mengecil duluan ? tidak ada yang tahu mana yang akan mengecil duluan karena tiap orang berbeda-beda tergantung genetik masing-masing orang. Ada yang lemaknya hilang di perut duluan dan ada di bagian manapun itu. Jadi anda hanya perlu fokus terus menurunkan berat badan anda saja lebih dulu.

3. Saya Hanya Ingin Membesarkan Otot Ini Saja
     Sebaiknya anda hindari pikiran seperti ini. Anda tidak mau setiap hari melakukan latihan yang sama hampir setiap hari. Berikan variasi dalam olahraga anda agar tidak cepat bosan berolahraga. Anda juga tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang aneh di mana hanya satu bagian tubuh saja yang besar tapi tidak ada bentuk di bagian lainnya. Percayalah, anda akan terlihat lucu dengan bentuk badan yang seperti itu.

4. Yang Penting Keluar Keringat
     Kalau hanya ingin berkeringat anda tidak perlu berolahraga, matikan saja pendingin udara di rumah anda. Tujuan berolahraga bukan hanya sekedar berkeringat, tetapi melatih tubuh anda. Anda tidak akan mendapat hasil apa-apa hanya berolahraga 15 menit berkeringat dan selesai. Anda harus menantang tubuh anda terus menerus agar metabolisme pada tubuh kita meningkat. Meningkatnya metabolisme tubuh berujung pada regenerasi sel-sel yang rusak pada tubuh dan berujung pada meningkatnya pembakaran kalori bahkan saat kita beristirahat. Metabolisme juga bertanggung jawab agar tubuh tetap segar dan bugar. Jadi terus tantang diri anda dengan meningkatkan intensitas olahraga anda senantiasa anda akan mendapat hasil yang maksimal.

5. Membeli Suplemen Yang Tidak Perlu
     Ada banyak suplemen yang dijual di pasaran yang tidak akan habis disebut. Suplemen hanyalah suplemen, dan anda hanya membutuhkan suplemen yang benar-benar anda perlukan. Tanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman dan cari tahu apa fungsi dari masing-masing suplemen. Jangan sampai anda menyia-nyiakan uang anda untuk sesuatu yang tidak anda perlukan dan pelajari teknik latihan yang benar lebih dulu baru tentukan goal/tujuan anda, baru anda dapat menentukan apa saja yang anda butuhkan. Bila anda tidak tahu apa goal anda, sekali lagi tanyakan pada orang yang lebih berpengalaman.

Itulah kesalahan paling umum yang sering dilakukan oleh banyak pemula. Jangan sampai anda terjebak pada latihan dan pola diet yang salah sehingga anda gagal dan berhenti mengejar tujuan anda.

Salam
Strong Body Strong Mind
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Join Di Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya